4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Taman - JASA TUKANG TAMAN SURABAYA

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Taman



Sesungguhnya, setiap rumah penting untuk memiliki sebuah taman. Keberadaan taman rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menciptakan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, taman juga bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah yang akan membuat rumah Anda sehat. Kesadaran untuk memiliki taman di rumah ini harus dimiliki terutama untuk Anda yang tinggal di tengah kota. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan saat Anda akan merancang desain taman di rumah?. Menurut kami sebagai penyedia jasa pembuatan taman, ada 4 hal yang perlu diperhatikan saat merancang taman sebelum taman itu akan dibuat, hal hal tersebut antara lain :

1 - Posisi Taman Rumah


Posisi akan menentukan ide desain taman seperti apa yang cocok untuk diterapkan, baik dari pemilihan tanaman yang cocok hingga gaya yang sesuai dengan lokasi taman. Berdasarkan lokasinya, taman di rumah dibedakan menjadi empat : taman depan, taman samping, taman belakang, dan taman dalam rumah (innercourt).

Taman Depan




Area depan adalah area yang terhubung langsung dengan lingkungan sekitar, sehingga taman depan juga akan dinikmati oleh orang-orang di sekitar Anda. Pastikan untuk membuat desain taman depan rumah yang mengandung estetika dan senada dengan desain rumah. Anda dapat memilih berbagai tanaman hias dengan warna-warna yang menyatu dengan nuansa rumah Anda.

Taman Samping




Area samping yang tidak terpakai oleh bangunan biasanya digunakan sebagai jalan alternatif atau jalan samping untuk masuk ke rumah. Daripada menjadikannya sebagai area yang jarang tersentuh, Anda dapat memanfaatkan area ini sebagai taman samping. Dan untuk tetap mewadahi fungsinya sebagai area sirkulasi, Anda dapat menambahkan desain jalan setapak dengan menggunakan paving block atau sejenisnya.

Taman Belakang





Manfaatkan lahan kosong di area belakang rumah Anda sebagai taman belakang. Dengan posisi area seperti ini , taman rumah Anda akan lebih privat dan dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Anda dapat menggunakan porsi ruang untuk kolam, gazebo atau patio. Pohon-pohon peneduh juga dapat ditambahkan ke dalam desain taman untuk menambah rasa nyaman, tenang, dan asri.

Innercourt




Innercourt adalah sebutan untuk taman yang berada di dalam ruangan. Jika Anda ingin menciptakan area hijau di antara ruang dalam rumah Anda, pilihlah beberapa tanaman hias dan juga tambahkan unsur air seperti kolam ikan. Suara gemericik air di dalam ruangan akan memberikan rasa tenang ke dalam rumah Anda.

Luas Lahan Menjadi Penentu Desain Taman



Luas dan sempitnya lahan akan menentukan desain taman seperti apa yang dapat diaplikasikan. Dengan lahan yang luas, Anda dapat dengan leluasa memasukkan elemen-elemen seperti kolam, patio, gazebo, dan tanaman-tanaman peneduh yang besar. Lalu bagaimana jika lahan untuk taman yang dimiliki sempit? Hal tersebut tak menjadi masalah untuk memiliki taman di rumah. Anda dapat memilih desain taman minimalis dan memilih tanaman hias yang tidak banyak memakan ruang. Anda juga dapat mencoba vertical garden. Vertical garden adalah taman yang didesain secara vertikal dengan dinding sebagai area. Jika Anda memiliki area rooftop yang tidak terpakai, Anda dapat memanfaatkannya sebagai roof garden. Hanya saja, membuat roof garden membutuhkan biaya yang cukup mahal dan perawatan yang tidak mudah.

2 - Seperti Apakah Desain Taman di Rumah Impian Anda?


Desain taman rumah memiliki berbagai macam jenis . Apakah Anda sudah mengetahui desain seperti apa yang cocok untuk taman di rumah Anda? Berikut adalah beberapa jenis taman yang bisa Anda jadikan pilihan.

Taman Kering




Konsep taman ini tidak menggunakan unsur air di dalam desainnya, sehingga cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah. Jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman yang tidak banyak memerlukan air.

Taman Vertikal




Jenis taman rumah ini sangat cocok diaplikasikan untuk Anda yang tidak memiliki lahan di rumah. Manfaatkan dinding rumah sebagai bidang tanam untuk taman Anda. Taman vertikal akan membuat rumah Anda nampak menarik dan unik. 

Roof Garden




Seperti namanya, roof garden adalah taman yang dibangun di bagian atap. Jenis taman ini dapat Anda jadikan pilihan jika lahan yang Anda miliki terbatas. Posisinya yang berada di atas rumah membuat taman menjadi eksklusif karena hanya dapat dinikmati oleh Anda dan keluarga.

Taman Minimalis





Bagaimana sebuah taman digolongkan sebagai model taman minimalis? Hal tersebut bergantung pada luas taman, penggunaan ornamen-ornamen sederhana, dan jenis tanaman yang tidak beragam dalam taman rumah.

Taman Jepang





Sesuai namanya, taman ini adalah jenis desain taman yang diadaptasi dari Jepang. Taman jepang identik dengan bonsai, bambu, dan kolam ikan koi. Sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis.

3 - Pilihan Elemen untuk Desain Taman Anda


Pada umumnya, elemen sebuah taman terbagi menjadi dua, yaitu softscape dan hardscape. Dalam sebuah desain taman, biasanya kedua elemen tersebut dikombinasikan sehingga menciptakan tampilan sebuah taman yang indah dan cantik.

Softscape (Elemen Lunak Taman)




Softscape adalah elemen-elemen lunak dalam sebuah desain taman. Yang termasuk dalam softscape yaitu berbagai jenis tanaman yang bisa dipilih untuk taman di rumah.

Hardscape (Elemen Keras Taman)




Ini adalah elemen-elemen keras atau kasar dalam sebuah desain taman. Hardscape cukup banyak jenisnya, mulai dari kolam, ornamental batu, paving block, batuan koral, pot, dek kayu, dan lain-lain.

4 - Tentukan Biaya untuk membuat Taman

Yang paling utama selain memikirkan desain tentulah perumusan bujet pembangunan. Petakan kemampuan finansial Anda agar ketika menggarap desain taman rumah Anda tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Namun, jika Anda masih bingung dalam perencanaan dan menyesuaikan dengan keinginan Anda, solusi yang paling tepat adalah menggunakan jasa tukang taman.

Di Tianggadha-Art, Anda bisa menemukan solusi tanpa harus mengorbankan kebutuhan Anda bersama para arsitek dan desainer interior profesional yang telah lebih dulu menangani pembuatan bangunan rumah anda sebelumnya. Di website Tianggadha-Art, Anda juga bisa melihat profil serta berbagai inspirasi desain taman yang telah kami kerjakan bersama team kami. Mari wujudkan taman impian Anda bersama dengan Tianggadha-Art sebagai penyedia jasa pembuatan taman (tukang taman).

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

DTS_Art Kami adalah penyedia jasa pembuatan taman dan kolam profesional di Surabaya Kami melayani jasa pembuatan taman untuk perorangan maupun instansi yang membutuhkan jasa pembuatan taman. Layanan Tukang Taman Kami : Jasa Pembuatan Taman Jasa Pebuatan Kolam Relief Jasa Pembuatan Taman Vertical Jasa Pembuatan Kolam Ikan Minimalis Jasa Pembuatan Lantai Carport Jasa Desain Taman Jasa Perawatan Taman Jasa Renovasi Taman Menjual Aneka Tanaman Hias Menjual Aneka Tanaman Pelindung Kami telah melayani jasa tukang taman surabaya sejak tahun 1988 sehingga sudah sangat mengerti mengenai dunia pembuatan taman. Segera hubungi kami untuk pemesanan, baik jasa maupun produk lainya dari kami.