Jasa Tukang Taman Vertikal (Vertical Garden) Surabaya - JASA TUKANG TAMAN SURABAYA

Jasa Tukang Taman Vertikal (Vertical Garden) Surabaya

 Jasa Tukang Taman Vertikal atau Vertical Garden Surabaya

Jasa Pembuatan Vertical Grden

Jasa Tukang Taman Vertikal Surabaya - Membuat Taman menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan rumah. Justru dengan adanya taman, lingkungan rumah menjadi jauh lebih asri. Bagaimana jika lahan rumah terbatas? Bagaimana jalan keluarnya, mari kita temukan solusinya.

Tinggal di perkotaan, luas lahan yang tersedia dan terjangkau semakin terbatas. Sehingga tinggal di hunian mini dengan kebutuhan ruang yang minimal pun diterima dengan lapang dada. Semisal Anda tinggal di apartemen pastinya tidak bisa melebarkan lahan seperti halnya membangun rumah bertingkat. Nah, terbatasnya lahan ini juga akhirnya membuat hunian tak leluasa dalam menghadirkan lahan penghijauan. Sayang sekali, bukan?

vertical garden surabaya


Anda juga bisa mengunjungi artikel lainnya bagaimana mengatasi lahan terbatas tapi anda pingin buat taman, bisa kunjungi "disini"

Padahal memiliki taman merupakan hal krusial sekali bagi wajah dan keasrian sebuah hunian. Dengan menghadirkan penghijauan, secara estetika, rumah jauh dari kesan gersang, kering dan tak bernyawa. Sebaliknya bila di sana-sini bersemi tanaman hijau serta bebungaan warna-warni, rumah pun tampak asri dan cantik, serta udara tercium segar.

Di tengah kondisi global lingkungan saat ini yang serba polutif, taman memberikan banyak manfaat. Yang pasti sebagai paru-paru kota dan menamengi rumah dari udara yang berpolusi, serta memberikan keteduhan bagi lingkungan sekitar.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana solusinya jika lahan untuk tanaman itu terbatas? Tianggadha-Art akan memberikan solusi sebagai alternatif untuk memecahkan masalah pada keinginan anda dengan membuat "Taman Vertikal atau Vertical Garden" Karena Tianggadha-Art Jasa Pembuatan Vertical Garden di Surabaya yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan taman vertikal.

Fungsi dan model taman vertikal

pembuatan taman dinding

Ya, Taman vertikal adalah solusi untuk menutupi dinding rumah anda sebagai ganti taman agar pandangan anda tidak terlalu monoton melihat tembok. Vertical garden sebenarnya tak jauh berbeda dari taman pada umumnya. Yang membedakan pada taman vertikal adalah posisinya saja. Pada taman ini seluruh tanaman berada pada posisi vertikal atau lurus tegak.

Pilihan untuk membuat taman vertikal ini tentu saja tak jauh dari urusan keterbatasan lahan. Dengan memosisikan tanaman lurus tegak, maka lahan yang digunakan juga semakin minim. Selain itu biasanya taman vertikal diaplikasikan pada rumah yang berhadapan langsung dengan dinding yang menjulang tinggi.

Melihat dinding masif yang tinggi dari rumah tentu juga membuat efek tak baik. Memandang sesuatu yang hijau tentu lebih menyenangkan. Misalnya saja dengan membuat taman vertikal pada salah satu dinding. Rumah yang menghadap barat cenderung menyerap sinar matahari lebih besar. Bagi pengguna AC juga akan membuatnya bekerja lebih keras. Dengan adanya taman vertikal, penyerapan sinar itu bisa dikurangi. Jadi, bisa sekalian mengurangi global warning.

Banyak variasi taman vertikal, namun esensinya selalu mengambil posisi tegak. Sebenarnya kebiasaan membuat taman vertikal ini sudah banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Dengan menggantung tanaman pada pot-pot, lalu meletakkannya di depan jendela, itu sudah bisa disebut taman vertikal. Sedangkan variasi lain dari taman vertikal adalah dengan membiarkan tanaman tumbuh menjalar begitu saja atau mengisi penampang dinding rumah anda meskipun terkesan liar dan tak beraturan.


High Maintenance

jasa tukang taman surabaya

Ada banyak cara membuat taman vertikal. Bentuk sederhananya bisa menggunakan planter boxatau dengan pipa PVC yang dipotong. Untuk menggunakannya beri jarak antara tembok dengan planter atau PVC, setidaknya 5 cm. Sebab jika tidak diberi jarak, tembok akan cepat berlumut.

Taman vertikal membutuhkan perawatan yang tidak mudah. Hal ini karena bidang jangkaunya yang tinggi. Maka hal yang paling penting saat membuat taman vertikal adalah mengatur sistem irigasi dengan baik.

Taman vertikal membutuhkan teknik penyiraman khusus, karena dindingnya tinggi jadi perlu high pressureuntuk menyiram tanaman. Sistem ini nantinya akan membantu tanaman yang berada di puncak ketinggian.

Jika menggunakan selang air akan kesulitan mencapai dinding yang tinggi. Namun tidak akan menjadi masalah jika tembok relatif pendek. Minusnya penyiraman dengan selang, kemungkinan media tanam akan tumpah atau membuat posisi tanaman jadi terbalik.

Sistem irigasi yang tepat untuk taman vertikal adalah menggunakan sprakle system. Air diteteskan melalui saluran air. Atau bisa juga memakai gel sebagai media tanam. Fungsi gel ini akan menyerap air dan dikeluarkan sesuai kebutuhan tanaman. Intensitas penyiraman tidak perlu terlalu sering.

Jenis Tanaman dan Media Tanam


proses pembuatan vertical garden

Tanaman yang digunakan untuk membuat taman vertikal biasanya berupa tanaman merambat. Namun tidak semua jenis tanaman ini bisa digunakan untuk taman vertikal.

Contohnya, bougenvile atau jenis palm. Tanaman jenis ini tidak bisa digunakan sebagai taman vertikal, karena mengandung unsur kayu yang membuat tanaman lebih bervolume. Jika ditempatkan di ketinggian dinding, planter box tak akan kuat menahan beban tersebut sehingga tanaman bisa jatuh. Untuk itu penting mempelajari dulu sifat tanaman rambat. Banyak pilihan tanaman yang bisa diaplikasikan pada media yang akan ditempati, semisal pakis suri, keladium atau juga alang-putih. Pada intinya pilihlah tanaman yang akarnya kuat dan mampu Merambat pada media yang dipakai membuat taman vertikal.

Selain itu membuat taman vertikal memerlukan media tanam yang khusus. Yang dibutuhkan adalah media tanam yang ringan. Misalnya, dengan menggunakan sekam bakar dan cocopeat. Sedang untuk media polibagnya bisa anda pakai jenis gasbool atau spoon yang lebih bisa menahan air.

Sinar matahari tampaknya tak terlalu menjadi soal. Tinggal mengakali memilih tanaman yang cocok. Jenis tanaman indoor plant tentu saja akan lebih tahan meski hanya terkena intensitas matahari yang minim.
tukang taman vertikal

Meski taman vertikal membutuhkan perawatan ekstra, dan biaya agak mahal tak ada salahnya bereksperimen membuat di rumah anda, tidak ada salahnya anda mengeluarkan biaya karena nantinya anda akan mendapatkan hasil dan manfaat yang seimbang. Sebagai referensi anda bisa menghubungi kami, Tukang Taman Surabaya Tianggadha-Art akan dengan senang hati membantu anda untuk sekedar konsultasi segera hubungi kami ke 081232873316 dan 08161940615.

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get attractive offers from us

DTS_Art Kami adalah penyedia jasa pembuatan taman dan kolam profesional di Surabaya Kami melayani jasa pembuatan taman untuk perorangan maupun instansi yang membutuhkan jasa pembuatan taman. Layanan Tukang Taman Kami : Jasa Pembuatan Taman Jasa Pebuatan Kolam Relief Jasa Pembuatan Taman Vertical Jasa Pembuatan Kolam Ikan Minimalis Jasa Pembuatan Lantai Carport Jasa Desain Taman Jasa Perawatan Taman Jasa Renovasi Taman Menjual Aneka Tanaman Hias Menjual Aneka Tanaman Pelindung Kami telah melayani jasa tukang taman surabaya sejak tahun 1988 sehingga sudah sangat mengerti mengenai dunia pembuatan taman. Segera hubungi kami untuk pemesanan, baik jasa maupun produk lainya dari kami.